Melihat tanaman kelor yang di tanam di pot di area gerbang masuk cluster perumahanku, aku jadi penasaran ingin tahu lebih jauh mengenai daun kelor. Maklum selama ini mungkin saya belum pernah melihat tanamannya langsung. Pakde yang berbaik hati yang menanam pohon kelor ini, ia juga membagikan kepada para tetangga yang mungkin berminat atau membutuhkan daun kelor yang kita ketahui saat ini terkenal dengan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh kita.

manfaat daun kelor untuk kesehatan

Setelah membaca berbagai media sebagai rujukan ternyata dengan mengkonsumsi daun kelor banyak sekali manfaat atau khasiat yang bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itulah saya mencoba untuk berbagi kembali informasi mengenai khasiat daun kelor dan semoga kita bisa mengambil manfaat dari daun kelor yang semakin banyak tersedia di lingkunngan sekitar kita.

Berikut ini khasiat dari daun kelor untuk kesehatan:

MANFAAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN TUBUH

  1. Sebagai Sumber Nutrisi Untuk Tubuh

Daun kelor dapat dijadikan sumber nutrisi untuk tubuh kita dikarenakan pada daun kelor terkandung Vitamin C, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin A, Protein, Zat Besi, Magnesium, karenanya apabila kita konsumsi setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

  1. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang fungsinya untuk melindungi tubuh dan melawan radikal bebas. Apabila dalam tubuh kita terdapat radikal bebas yang kadarnya terlalu tinggi, maka dapat memicu terkena berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung dan penyakit diabetes melitus, hipertensi, kanker usus besar, paru-paru, dan lain sebagainya.

Pada daun kelor terkandung senyawa antioksidan yang membantu menjaga kesehatan tubuh, daun kelor mengandung fitonutrien karotenoid, campuran asam amino esensial, antioksidan seperti quercetin, juga terkandung senyawa anti-bakteri alamiah yang fungsinya sebagai obat anti inflamasi.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun kelor berkhasiat untuk membantu membuat turunnya kadar gula darah. Hal ini merujuk kepada sebuah hasil riset di Kota Mumbai India bahwa daun kelor yang diolah menjadi teh maupun sayuran dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga di India saat ini Daun Kelor sangat populer digunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah.

  1. Membantu Mencegah & Meredakan Peradangan

Dalam Daun Kelor terdapat zat anti inflamasi atau anti peradangan yaitu isothiocyanate, zat inilah yang memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan pada tubuh.

Tentu saja peradangan yang terjadi pada tubuh kita dalam waktu yang cukup lama dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung, oleh karena itu dianjurkan mengkonsumsi daun kelor setiap hari untuk membantu mencegah dan meredakan peradangan.

  1. Menurunkan Kolesterol

Daun kelor juga dikatakan bisa menurunkan kolesterol, ini dikarenakan kandungan zat nitrile, hiocarbamate glikosida, dan glikosida minyak mustard, yang memiliki manfaat untuk mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kadar darah.

Dengan menurunnya tingkat kolesterol yang tinggi, maka dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

  1. Melindungi & Mencegah Keracunan Arsenik

Arsenik merupakan racun yang berbahaya untuk manusia, paparan arsenik yang berlangsung lama dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan. Racun arsenik dapat masuk kedalam tubuh melalui makanan maupun air yang sudah terpapar racun arsenik.

Daun kelor dapat melindungi tubuh kita dari racun arsenik, hal ini dapat diketahui dalam sebuah riset yang dilakukan terhadap hewan uji.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi Daun Kelor dapat meredakan stres dan peradangan pada otak, sehingga daya ingat dapat mengingkat, ini dikarenakan kandungan Vitamin C dan E pada daun kelor tersebut. Kesehatan Otak dapat terjaga dan menstabilkan mood dikarenakan sifat daun kelor sebagai neurotransmitter sehingga tubuh dan mood akan terasa stabil.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian ditemukan hasil bahwa daun kelor memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan jantung serta memberikan manfaat anti-oksidan.  Daun kelor juga dikatakan memiliki potensi untuk mengatasi dislipidemia, yang merupakan jenis penyakit jantung yang disebabkan oleh kenaikan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung di dalam daun kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mengurangi resiko mata minus, plus, silinder dan katarak. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuatnya dapat memperbaiki penglihatan, mencegah penebalan membran kapiler, menghentikan pelebaran pembuluh retina, serta menghambat disfungsi retina.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat selanjutnya Daun kelor yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat membantu meperlancar pencernaan. Daun kelor juga dipercaya bisa mengobati sakit maag serta masalah-masalah lambung lainnya. Adanya sifat antibiotik dan anti-bakteri membuat daun kelor menjadi penghambat pertumbuhan virus di dalam tubuh.

Untuk anda yang mengalami masalah sembelit, juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor secara teratur.

Ternyata banyak sekali ya manfaat daun kelor utamanya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kita semua dan kita bisa memanfaatkan kekayaan alam yang ada disekitar kita.